Saya belum pernah pergi ke Lombok sepanjang hidup saya. Dulu waktu jaman masih mahasiswa dan senang bacpackeran tempat paling jauh yg pernah saya kunjungi adalah Bali.

Waktu di Bali itu saya sebenernya udah pengen ke Lombok, tapi apa daya karena persediaan (baca:duit) yang sudah sangat menipis sehingga saya harus memilih apakah mau ke Lombok tapi gak bisa pulang ke Jokja, atau saya pulang tapi gak ke Lombok, akhirnya pilihan kedualah yg saya ambil, saya pikir waktu itu toh nanti kapan2 saya bakalan bisa ke Lombok. dan ternyata “kapan-kapan” itu harus menunggu sampai 12 Tahun!

Dua bulan yang lalu akhirnya saya ke Lombok juga, gratis karena acara kantor (kesabaran 12 tahun itu membuahkan hasil haha..). Tapi ternyata harapan saya agak meleset sedikit dari kenyataan, karena ternyata ke Lomboknya cuma numpang lewat doang, karena acaranya sendiri bukan di Lombok, tapi harus nyebrang lagi ke sebuah pulau kecil yang bernama, Gili Trawangan.

Oke buat yg belum pernah ke Lombok saya coba terangin dikit ya. Kalo yg udah pernah or udah tau ya alinea ini di skip aja. Dulunya saya pikir yang namanya Nusa Tenggara Barat itu hanya satu pulau saja yaitu pulau Lombok, dan saya salah, NTB terdiri dari dua pulau besar yaitu pulau Lombok dan pulau Sumbawa (dulu saya kira Sumbawa itu ya Lombok hehe…) nah pulau lombok inipun ternyata punya tiga pulau satelit yg jadi tujuan wisata yaitu pulau Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan.

Dari ketiga pulau itu yg paling banyak turis datangi ya Gili Trawangan. Jaraknya dari lombok kalau pakai speed boat cuma sekitar 10 menit. Pulaunya bagus dengan pantai yg berpasir putih.

Soal pasir ini ada yg agak unik, saya juga gak tau kenapa jadi kalau kalian ke pulau lombok dan jalan ke pantainya maka kalian bakal nemuin pasirnya warnanya hitam legam dengan tekstur halus, sebaliknya di tiga pulau satelit yg udah saya sebut tadi semua pasirnya warna putih dengan tekstur agak kasar walaupun tidak sekasar pasir pantai sanur ya.

Rombongan saya nginep di sebuah villa yang menururt saya bagussssssss bangetttttssss yang bernama Villa Ombak. Buat kalian yang baru menikah dan pengen berbulan madu villa ombak ini cocok banget buat dijadiin tempat membuat anak haha…

mungkin kalau kata- kata gak cukup buat ngegambarinnya kalian bisa liat foto2 dibawah ini.

Tapi di dunia ini emang gak ada yang sempurna, pasti ada kekurangannya. Kalau kalian nanya apa kekurangan dari villa ombak ini adalah:

  1. airnya asin!

Ini yg bikin agak ngedrop, jadi kalau kalian berenang di kolam renangnya or bahkan mandi di kamar dengan shower atau wastafel maka kalian bisa rasain kalo itu sebenernya adalah air laut karena asin banget! sebenernya kalo utk mandi mungkin gak ngeganggu ya tapi kalo buat sikat gigi? rasanya aneh bin ajaib coy!

Untuk air tawar sebenernya pihak villa ombak nyediain air tawar tapi cuma segentong kecil doang dan gak cukup kalo dipake untuk keperluan sehari2 kita. dan you know what air tawar itu adalah air yang dibawa langsung dari pulau Lombok, kebayang repotnya pihak hotel ini tiap hari kudu bulak balik ke Lombok cuma buat ngambil air doang

  1. Kamar Mandi dan closetnya open air!

Ini juga bikin agak gak nyaman, kalo ada yg iseng manjat dinding, or manjat tower, ketauan deh! hehe.

Tapi terlepas dari dua kekurangan diatas saya pikir Villa ini awesome! tapi jangan tanya ratenya berapa ya saya sendiri gak tau persis tapi denger2 sih diatas sejuta perak permalemnya, itu untuk yang kamar biasa, untuk yg villa private pastinya lebih mahal lagi

Oke enough soal Villa Ombak sekarang kita cerita soal pulau Gili Trawangan itu sendiri.

Pulau ini cukup rame, dengan 90 persen nya isinya turis bule, kecuali petugas dan penduduk lokal saya jamin kalian akan kesulitan menemukan wajah2 melayu disini. Tapi walaupun rame di Gili Trawangan ini gak secrowded di Bali. Kalo Bali banyak tempat hiburan yang bertebaran disini juga ada tapi dengan skala dan kelas yang lebih kecil. Intinya sih kalo mau nyari tenang Gili Trawangan emang tempatnya tapi kalo mau nyari hiburan ya monggo ke Bali saja.

Pulaunya gak gede2 amat, kemaren saya sempat menyewa sepeda dan mencoba mengelilingi pulau yang tuntas dalam waktu sejam.

Selain bersepeda masih banyak kegiatan yg bisa kalian lakuin kalo kalian bosan bikin anak hehe… disini ada water activities kayak Snorkeling, Diving, Banana Boat, Cano, Mancing atau Berlayar. tapi sekali lagi jangan berekspektasi terlalu tinggi ya kalau dibandingin ama Bali atau Phuket memang masih jauh tapi untuk pemula udah lumayan banget. sekali lagi saya ingetin kalo pulau ini memang buat tempat santai jadi menu utamanya ya santai santai itu hehe…

Saya kemaren sempet nyobain snorkeling, airnya lumayan jernih hanya saja karangnya udah banyak yang rusak atau bleaching istilahnya, lebih jernih di Phuket sih dan ikannya di Phuket juga lebih banyak. Tapi… nah ini ada tapinya, kalau untuk jenis ikannya di Gili Trawangan ini jauh lebih bervariasi ketimbang di Phuket.

Kalo di Phuket kalian cuma nemuin ikan belang hitam kuning yg saya gak tau namanya nah di trawangan ini ada macem2 ada ikan ekor kuning ada ikan warna ungu yang bagus banget bahkan saya sempet ketemu sama ikan kakap, udah mau saya goreng aja tuh ikan.

Overall menurut saya gili trawangan cocok banget buat yg pengen escape dari kejenuhan kerjaan or sekedar pengen menyepi. tapi kalo kalian sukanya keramaian dan hiburan atau belanja- belanja saya lebih anjurkan kalian ke bali.